Minggu, 27 Desember 2009

Pembuatan Antena Omni 14dBi 2,4GHz Modifikasi

Pembuatan antenne omni 14dB ini saya praktekkan berdasar komentar #19 oleh bapak Paulus Nuzul Nugroho S.Psi di Ngoprek.org. Saya memberanikan diri untuk langsung mempraktekannya berdasarkan pemahaman saya sendiri, karena setelah menunggu lama tidak ada balasan dari pak Paulus setelah saya e-mail dan tanya cara pembuatannya.

Baik, langsung saja saya paparkan apa yang telah saya praktekkan pada pertengahan Mei 2009 lalu, uraian di bawah ini sebagian saya edit dari ngoprek.org dan saya sesuaikan dengan yang dipaparkan komentar #19 oleh bapak Paulus Nuzul Nugroho S.Psi.

Pertama persiapan peralatan dan bahan yang diperlukan berupa paralon 1 1/4 inch 1,5 meter, 2 buah dop paralon 1 1/4 inch untuk tutup ujung-ujung paralon, pipa kapiler AC 6mm atau 1/4 inch, busa kapiler AC 1,5 meter, kabel coaxial RG6U 2m, plat tembaga 0,5 mm, cutter, cutter pipa kapiler. timah dan solder besar, Bor, gunting plat, N female konektor.

1 bikin omni 14dB 2,4GHz

Kedua buatlah 20 potong pipa tembaga dengan ukuran 4,7 cm, kemudian potong 20 potong kabel coaxial RG6U ukuran 6,7 cm, kupas kulit luar dan serabut sehingga tinggal isolasi dan kabel tengahnya, kupas isolasi sepanjang 1 cm pada ujung-ujung potongan kabel sehingga panjang isolasi 4,7 cm, masukkan potongan kabel ke dalam pipa tembaga, bikin 19 pasang saja, yang satu pasang kita buat pada uraian keempat. Susun dan solder ke 19 elemen di atas dengan jarak antar pipa tembaga kurang lebih 2,5 mm dengan susunan silang, ujung kabel bertemu dengan pipa kapiler berikutnya, dan pipa kapiler bertemu dengan ujung kabel berikutnya.

1 bikin omni 14dB 2,4GHz

Ketiga pembuatan bagian bawah antena, potong pipa capiler sepanjang 3 cm sebanyak 6 buah, potong plat tembaga berbentuk lingkaran dengan ukuran 3 kali diameter pipa kapiler AC, dan lubangi tengahnya seukuran pipa kapiler, buat elemen seperti langkah kedua di atas tetapi dengan ukuran pipa 7,8 cm dan kabel 9,8 cm, masukkan plat tembaga dengan jarak bagian bawah sepanjangan 3,5cm dan solder bagian bawah, rangkai 6 pipa kapiler seperti revolver di atas plat tembaga dan solder antar pipa-pipa tersebut dan solder juga ke pelat tembaga di bawahnya, pasang N konektor di bagian bawah dan buat pelat tembaga untuk grondnya kemudian sambungkan dengan 19 elemen yang telah jadi.

1 bikin omni 14dB 2,4GHz

Keempat, dari langkah kedua tadi masih tersisa 1 elemen, kupas lagi spon kabel sampai pada posisi tengah dari panjang kabel, buat lubang pada posisi tengan pipa kapiler untuk keluar kabel, masukkan kabel ke pipa dan bengkokkan kabel keluar pipa melalui lubang tadi, kemudian solder dan rapikan, dan sambung dengan elemen lainnya pada posisi paling atas. Bagian ini berfungsi sebagai pengganti kabel stup pada posisi elemen bawah.

1 bikin omni 14dB 2,4GHz


1 bikin omni 14dB 2,4GHzTerakhir pengemasan, setelah semua elemen terangkai, masukkan kedalam busa kapiler dan masukkan ke dalam pipa paralon, tutup kedua ujung paralon dengan dop paralon, dan pada dop paralon bagian bawah N female konektor dipasang.
Jangan lupa bikin kabel pigtail sepanjang 40,3 cm. Kalau saya kabel pigtail langsung saya solder ke elemen paling bawah, jadi tanpa N conector Female, sehingga kabel menyatu dengan antenna.

Hasil antenna seperti gambar. Untuk tes hasil, baru bisa saya lakukan pada 22 November lalu saya menggunakan radio Edimax EW-7206 APg dengan power 50% (50mW)dan pada ketinggian kurang lebih 7m saya bisa connect dan browsing ke AP dengan jarak udara 3 km, mohon maaf belum tahu kekuatan sinyal saya pada sisi AP, tetapi yang pasti bisa browsing lancar.

4 komentar:

smpn1patimuan mengatakan...

maaf pak, kalau boleh tahu kabel RG6U yang digunakan merknya apa ya? saya pengen coba tapi khawatir salah dalam pemilihan kabelnya. Terimakasih dan sukses untuk anda.

madaninetwork mengatakan...

Saya pakai yang ada di pasaran dan itupun kayaknya kualitas yang biasa, karena menurut penjualnya biasanya untuk kabel antena televisi. Dan dari kelenturannya, kabel tengah tidak murni tembaga, tetapi kawat besi yang dilapisi tembaga. Pak Dwi bisa beli yang ada di toko elektronik di sekitar bapak, semoga ini membantu, thanks.

madaninetwork mengatakan...

Ini pak yang tertulis dikabel yang saya pakai "VISICOM HIGH QUALITY RG-6U COAXIAL CABLE USA STD REG.NO.494381-L".

herualhabib mengatakan...

saya sdh mencoba memodifikasi ini, tp koq ttp sama signalnya bagus yg antena bawaan... apanya yg salah ya?